7 Tips Memilih Flash Disk

Flash disk tetap menjadi pilihan utama sebagai alat penyimpan data. Padahal jika dibandingkan harddisk pertable eksternal, kapasitas flashdisk jauh lebih kecil. Sudah pasti alas an kebanyakan orang memilih flashdisk karena kepraktisan mudah dibawa.
Tak heran bila banyak produsen mengeluarkan produk ini ke pasaran. Saking banyak macamnya, pengguna jadi bingung memilih flashdisk yang tepat untuk kebutuhannya. Apalagi harga dan kualitas antara satu merek flashdisk dengan merek yang lain tak jauh berbeda. Lantas faktor apa saja yang harus kita pertimbangkan saat akan membeli sebuah flashdisk ?

1. Interface

Flash terbaru muluai menggunakan interface USB terbaru versi 3.0. Namun karena masih baru, harga flashdisk ini juga masih mahal. Selain itu, agar performa maksimal, maka anda pun dituntut menggunakan mainboard yang support USB 3.0, dan ini masih jarang dipakai saat ini.
Dengan USB 3.0, kinerja flasdisk memiliki kinerja yang semakin tinggi ( 2 x lipat dari USB 2.0). Saat anda memakai flashdisk USB 3.0 di USB 2.0 port, kinerjanya akan menyesuaikan di USB 2.0. Hal ini karena USB 3.0 mendukung kompabilitas ke versi sebelumnya.

2. Desain

Saking ramainya persaingan antar flashdisk, para produsen harus mengganti desain yang mereka miliki. Untuk pangsa pasar wanita, bentuk lucu masih menjadi andalan. Banyak flashdisk yang dijual tampil dengan bentuk lucu, misalnya mengadopsi tokoh kartun. Di saat momen2 tertentu, misalnya valentine, banyak bentuk2 flashdisk tampil dengan warna pink.

3. Daya Tahan


Selain desain yang lucu, beberapa produsen melengkapi produk flash disknya dengan beberapa fitur ketahanan, seperti anti air, anti getar dan tahan jatuh. Saat flashdisk terkena air, terjatuh atau sering dibawa bepergian, maka data2 didalamnya akan tetap aman. Sudah pasti fitur ini berpengaruh terhadap harga jual. Karena memang tidak banyak flashdisk yang memiliki fitur2 daya tahan ini.

 4. Penutup


Umumnya flashdisk lama menggunakan penutup untuk melindungi konektor USB pada flashdisk. Namun flashdisk yang keluar akhir2 ini telah mengusung desai praktis, dimana pentup ditinggalkan dan menggantinya dengan model sliding. Kelebihan flashdisk model sliding adalah selain praktis juga menghindarkan anda dari kehilangan tutp flashdisk. Di lain pihak, model dengan cap sangat berguna. Hal ini dapat membuat konektor USB pada flash disk jauh dari debu dan kotoran.

5. Kecepatan
Banyak orang masih terbuai dengan kapasitas flasdisk dan melupakan kinerja (kecepatan). Memang, saat anda bukan professional, kinerja rendah pada flashdisk tak berpengaruh besar. Namun bila anda sering transfer data berukuran besar dengan flashdisk, kecepatan baca dan tulis rendah akan sangat terasa. Flashdisk dengan harga murah biasanya terkait dengan kecilnya kapasitas dan juga kinerja rendah. Untuk mengetahui performa flashdisk yang anda incar, ada baiknya sering membaca review di media atau intenet.

6. Software

Umumnya flasdisk yang berkualitas menyertakan software dalam paket kemasannya. Beberapa flasdisk bahkan sudah dibundel dengan antivirus. Untuk kinerja, ada produsen yang menyertakan driver guna meningkatkan kinerja flashdisk USB 2.0. Kebanyakan dari mereka menyertakan software enkripsiuntk melindungi data. Flashdisk bisa saja hilang dan data rentan dicuri orang. Disinilah software enkripsi akan membuat anda aman. Software enkripsi biasanya membutuhkan password untuk mengamankan data.


7. Garansi

Saat terjadi kerusakan, garansi yang dimilikiflashdisk cenderung lama. Kami sdah memantau beberapa produsen mematok satu sampai 5 tahun. Beberapa produsen bahkan mematok garansi seumur hidup. Hal ini tentunya membuat para pemakai flashdisk tak perlu risau akan kerusakan flashdisk yang dibeli. Saat rusak, jangan dibuang, tukarkanlah ke took tempat anda membeli atau langsung ke distribusinya.

Semoga bermanfaat ^_^
Share '7 Tips Memilih Flash Disk' On ...

2 komentar untuk "7 Tips Memilih Flash Disk"

  1. wah manteb bos, kasih gambar aja biar memperhias dan unik seperti milik saya ya !! keep up the good posting !!

    BalasHapus
  2. ah ngak usah bos, ini saja udah cukup :12 btw thanks ya udah mampir :25

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca artikel . Mohon luangkan waktu sobat untuk memberikan komentar pada artikel ini.

Thank you